Cara Menciptakan Shape Dan Kotak Teks (Text Box) Di Powerpoint 2013

Anda dapat memakai fitur Shapes di PowerPoint 2013 untuk menciptakan banyak sekali objek, mulai dari garis, tanda-panah, kotak, callout, tombol action, dan lainnya. Ketika Anda menciptakan shape, Anda dapat memasukkan teks ke dalamnya; namun, teks tersebut tidak ditampilkan pada outline presentasi Anda. Jika Anda menciptakan tombol action, Anda dapat menghubungkannya dengan sebuah tindakan, menyerupai menjalankan aktivitas lain atau memutar bunyi ketika Anda klik tombol tersebut ketika berada pada slide show. Selain banyak sekali bentuk shape, Anda juga dapat menciptakan kotak teks (text box), yang merupakan placeholder dimana Anda dapat memasukkan teks ke dalamnya. Secara default, kotak teks tidak mempunyai border, sehingga teks ditampilkan melayang pada halaman Anda. Kotak teks ini juga tidak ditampilkan pada outline presentasi Anda.

Cara menciptakan shape:

  1. Pilih slide yang di dalamnya Anda ingin menciptakan shape, kemudian klik tab Insert.
  2. Pada grup Illustrations, klik Shapes. Galeri Shapes ditampilkan dibawah tombol.
  3. Klik sebuah shape. Pointer mouse Anda bermetamorfosis tanda plus.
  4. Drag/tarik untuk menciptakan shape ke ukuran yang Anda inginkan. Atau, klik pada slide untuk memasukkan shape dengan ukuran defaultnya.
  5. Ketikkan teks kalau Anda ingin menambahkan teks ke dalam shape.
  6. Jika Anda menambahkan tombol action, kotak obrolan Action Settings ditampilkan, dan Anda dapat menentukan menautkan ke slide lain, presentasi, atau alamat situs (gunakan daftar drop-down untuk menentukan tujuan link); menjalankan program; menjalankan macro; memulai sebuah tindakan; atau memutar suara. Atur sesuai yang Anda butuhkan.
  7. Klik OK untuk menyimpan pengaturannya.

Cara menciptakan kotak teks (text box):

  1. Pilih slide yang di dalamnya Anda ingin menciptakan kotak teks, kemudian klik tab Insert.
  2. Pada grup Text, klik Text Box. Pointer mouse bermetamorfosis tanda plus.
  3. Drag/tarik pada slide untuk menciptakan kotak teks, yang akan tetap terbuka untuk pengeditan.
  4. Ketikkan teks, kemudian klik diluar kotak teks kalau sudah selesai.
Tips & Trik:
  • Ada dua tab pada kotak obrolan Action Settings: Mouse Click dan Mouse Over. Tergantung dengan tab yang Anda gunakan, tindakan akan dilakukan ketika Anda klik pada objek atau ketika Anda mengarahkan pointer mouse keatas objek ketika presentasi.
  • Anda juga dapat memformat kotak teks. Untuk melakukannya, klik-kanan pada teks, kemudian klik Format Shape pada hidangan yang ditampilkan. Pada panel Format Shape, gunakan banyak sekali kategori pengaturan yang ada untuk menambahkan warna, border, 3-D dan dampak rotasi, dan lainnya. Ketika Anda menentukan shape yang telah Anda buat, tab kontekstual Drawing Tools|Format akan tersedia, yang dengannya Anda juga dapat mengatur pemformatannya.

Artikel terkait:

Sumber http://www.panduanpraktis.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Shape Dan Kotak Teks (Text Box) Di Powerpoint 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel