Cara Menciptakan Daftar Isi (Table Of Contents) Di Word 2013

Table Of Contents atau daftar isi ialah elemen yang terpenting bagi pembaca untuk mencari gosip di dalam dokumen Anda. Word 2013 dapat dengan gampang menciptakan daftar isi biar sejajar tersebut lengkap dengan nomor halamannya ataupun manual. Entry dalam daftar tersebut merupakan Hyperlink ke Heading. Ini artinya kalau dokumen dibuka pada kegiatan Word, maka akan gampang untuk menuju secara eksklusif ke topik yang telah ditentukan.

Sebelum Anda memasukkan Table of Contents, sangatlah disarankan untuk menyidik Heading pada dokumen Anda untuk meyakinkan bahwa semua paragraf telah mempunyai Heading Style yang benar. Navigation Pane merupakan tool yang manis untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Table Of Contents biasanya berisi teks yang sudah diformat dengan memakai Heading Style built-in. Meskipun demikian, Word memperlihatkan Anda pilihan untuk menambahkan teks perhiasan yang akan ditampilkan hanya pada Table Of Contents tersebut, tapi tidak pada dokumen utama. Anda dapat memasukkan teks ini pada field TC. Misalnya, kalau tiap judul serpihan hanya berisi nomor serpihan (1, 2, 3, dan seterusnya), daftar isi akan sangat membingungkan sebab hanya berupa angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Untuk menciptakan daftar isi lebih gampang dipahami, Anda dapat memasukkan teks ibarat "BAB 1" pada field TC, yang lalu Anda dapat menggunakannya untuk disertakan kedalam daftar isi.

Cara menyidik atau mengatur Heading Word 2013:

  1. Buka dokumen yang berisi teks dan Heading dengan memakai aneka macam Heading Style built-in.
  2. Pada tab View, di grup Show, pilih check box Navigation Pane (jika dalam keadaan belum terpilih).
     Table Of Contents atau daftar isi ialah elemen yang terpenting bagi pembaca untuk mencar Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Di Word 2013
  3. Dibagian atas Navigation Pane, pastikan tab Headings dalam keadaan terpilih. Lalu, verifikasikan bahwa Navigation Pane menampilkan semua Heading yang ingin Anda tampilkan pada Table Of Contents, apakah susunannya sudah benar, dan Navigation Pane tidak menampilkan teks yang seharusnya tidak ada.
  4. Jika Anda ingin memasukkan paragraf yang tidak ditampilkan di Navigation Pane, atau Heading Style-nya salah, klik pada paragraf tersebut, dan aplikasikan Heading Style yang benar. Jika Anda tidak ingin paragraf yang ditampilkan pada Navigation Pane untuk dimasukkan dalam Table Of Content, aplikasikan style yang tidak disertakan dalam Table Of Contents (misalnya, Normal atau Body Text).

Cara memasukkan Table Of Contents:

  1. Klik pada lokasi dimana Anda ingin Table Of Content dimulai.
  2. Pada tab References, di grup Table Of Contents, klik Table Of Contents.
  3. Pada galeri Table Of Contents yang ditampilkan, klik Automatic Table 1 atau Automatic Table 2. Building Block ini akan memasukkan daftar isi di dalam Content Control yang dapat diupdate atau diganti. Dua tabel otomatis ini ialah sama kecuali kata-kata dari judul diatas tabel. Sedangkan Building Block Manual Table tidak memakai teks dari dokumen utama dan tidak dapat update secara otomatis, sehingga hanya cocok untuk dokumen yang tidak mempunyai paragraf Heading.

Cara memakai field TC untuk Table Of Contents:

  1. Klik pada dokumen Anda lokasi yang sesuai dengan posisi yang diinginkan dari entry gres dalam Table Of Contents.
  2. Pada tab Insert, di grup Text, klik Quick Parts. klik Field pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada serpihan Please Choose A Field, di kotak daftar Field Names, klik TC.
  4. Pada kotak teks Text Entry, ketikkan teks yang ingin Anda masukkan pada Table Of Contents.
  5. Pada serpihan Field Options, klik pada kotak teks disebelah kanan Outline Level dan masukkan angka level outline (mirip dengan nomor Heading Style built-in).
  6. Klik OK. Ulangi langkah nomor 1 hingga 6 untuk tiap entry yang ingin Anda masukkan ke dalam Table Of Contents.
  7. Klik di sebelah kiri abjad pertama Table Of Contents.
  8. Pada tab References, di grup Table Of Contents, klik Table Of Contents. Klik Custom Table Of Contents di erat serpihan bawah galeri yang ditampilkan.
  9. Pada kotak obrolan Table Of Contents, klik tombol Options.
  10. Pada kotak obrolan Table Of Contents Options, pilih check box Table Entry Fields dan klik OK. Opsi Table Entry Fields akan mengkonfigurasi daftar isi untuk menyertakan teks dari field TC yang ada pada dokumen.
  11. Klik OK pada kotak obrolan Table Of Contents.
  12. Klik Yes pada kotak pop-up pesan Do You Want To Replace The Selected Table Of Contents?.
Tips & Trik:
  • Pada tab References, di grup Table Of Contents, kalau Anda klik tombol Add Text, maka akan membuka galeri yang berisi entry Do Not Show In Table Of Contents, Level 1, Level 2, dan Level 3. Perintah ini akan bertindak berbeda tergantung dengan style yang dipakai pada dikala itu. Jika style-nya ialah Normal atau salah satu dari 9 Heading Style built-in, maka perintah Level 1, Level 2, dan Level 3 akan mengaplikasikan Heading 1, Heading 2, and Heading 3. Dan perintah Do Not Show In Table Of Contents akan menerapkan style Normal. Jika style yang dipakai pada dikala itu bukan Normal atau bukan salah satu dari 9 Heading Style built-in, perintah tersebut akan mengubah level outline paragraf saja tanpa mengubah style paragrafnya. Perilaku ini dapat membingungkan, sehingga Anda harus menghindari memakai tombol Add Text.
  • Perintah Custom Table Of Contents yang ada di serpihan bawah galeri Table Of Contents akan memasukkan tabel jenis yang sama ibarat Building Block Automatic, tapi tidak menyertakan Content Control atau judul diatas tabel.
  • Tiap field TC akan otomatis diformat sebagai teks Hidden (tersembunyi). Jika Anda ingin mengedit teks yang ada pada field TC, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶ untuk menampilkan teks yang tersembunyi dan semua abjad Nonprinting.

Artikel terkait:

Sumber http://www.panduanpraktis.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Daftar Isi (Table Of Contents) Di Word 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel