Cara Mengembalikan Dokumen/Pekerjaan Yang Hilang Di Word 2013

Apakah Anda pernah mengalami komputer tiba-tiba mati saat mengerjakan dokumen, atau tanpa sengaja klik No saat akan menyimpan dokumen sehingga dokumen tidak jadi tersimpan saat agenda ditutup? Kabar baiknya ialah dengan Word 2013 Anda selalu dapat mendapat dokumen Anda kembali dari peristiwa jelek yang angker tersebut.

Word mempunyai fitur AutoRecover yang akan menyimpan dokumen Anda di background dalam interval waktu tertentu. Jika komputer Anda tiba-tiba mati sendiri atau Windows crash saat Word dibuka, dokumen yang Anda buka saat crash akan otomatis disimpan oleh sistem dan akan tersedia saat Anda restart Word. Jika Anda mematikan Word secara normal, file AutoRecover akan dihapus.

Masih ada opsi lain untuk membantu Anda mencegah kehilangan dokumen. Jika Anda menutup dokumen yang sudah Anda edit, namun ternyata Anda menentukan untuk tidak menyimpan perubahan tersebut, maka Word akan menyimpan kopian file tersebut, yaitu dokumen yang Anda ubah. Jika Anda menyadari ternyata Anda menciptakan kesalahan (karena tidak menyimpannya), meskipun satu ahad kemudian, Anda masih dapat membuka dokumen tersebut.

Cara mengkonfigurasikan AutoRecover:

  1. Klik File, kemudian klik Options. Akan muncul kotak obrolan Word Options.
  2. Klik Save.
  3. Centang check boks Save AutoRecover Information Every dan Keep The Last Autosaved Version If I Close Without Saving.
  4. Atur interval AutoRecover ke waktu yang paling cepat. Defaultnya ialah 10 menit.
  5. Klik OK.

Cara membuka dokumen yang belum disimpan:

  1. Klik File, kemudian klik Info.
  2. Klik Manage Version, kemudian klik Recover Unsaved Documents. Akan muncul kotak dialog.
  3. Klik dua kali file (yang sudah otomatis disimpan oleh sistem) yang Anda inginkan.
Tips & Trik:
  • Di opsi lain, ada pengaturan terpisah untuk meletakkan kopian dokumen yang disimpan. Kopian dokumen yang disimpan mempunyai nama Backup of dengan ekstensi .wbk.
  • Jika Anda menutup dokumen yang belum disimpan sebelum interval AutoRecover yang pertama berakhir, maka tidak akan ada file yang akan disimpan secara otomatis. Karena itulah pentingnya untuk mengatur interval menjadi cepat.

Artikel terkait:

Sumber http://www.panduanpraktis.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Dokumen/Pekerjaan Yang Hilang Di Word 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel